Sunday, August 14, 2011

A Pro

Ayam Saus Nanas a la Jeng Tini
Saya suka memasak. Nggak jago banget, tapi bisa dimakan :)) dan lumayanlah...banyak yang bilang gitu.
Gimana gak lumayan, saya kan sering masaknya pakai bumbu masak jadi, paling jadi andalan adalah bumbu masak mbah djo selain itu, saya juga suka pakai bumbu Lee Kum Kee. Lagipula, masakan saya kan masakan sederhana banget, mesti sejago apa coba buat bikin bumbunya?

Seperti masakan Ayam Saus Nanas itu; resep dari mana? Ngawur aja :))
Jadi, resepnya begini:

- Ayam dipotong2 trus digoreng pakai tepung. Kalau mau gampang, pakai chicken karage yang udah jadi aja. Ini sering bener saya lakukan sebab, saya cuma punya 30 menit di pagi hari buat nyiapin bekal untuk makan siang.

Resep sausnya:
- 1/2 butir bawang bombay diiris2 trus ditumis di minyak sayur secukupnya sampai layu
- Seiris nanas *ukuran seiris di mang2 tukang buah itu* yang sudah dipotong-potong kecil dimasukkanke wajan setelah bawang bombay layu. Tumis sampai nanas agak layu.
- Sementara itu, siapkan 1/4 sendok teh tepung maizena yang dilarutkan ke 30ml air dingin atau sesuai selera. pastikan mencampurnya dengan air dingin, kalo gak berubah jadi lem loh  :D
- Setelah nanas agak layu, masukkan 3-4 sendok makan saus bangkok botolan, aduk rata, lalu masukkan larutan tepung maizena. Kalau kekentalan, boleh ditambah air dikit. Setelah mendidih angkat. O, boleh tambahkan garam & gula jika rasanya kurang nendang.
- Kalau ada paprika, boleh ditambahkan ke saus ini juga, paprika dipotong2 seukuran nanas, 1/2 aja, masukin bareng bawang bombaynya.
- Siramkan saus di atas ayam goreng.
- tips lain, saya biasa bikin banyak, trus simpen di klukas, kalau mau makan, panaskan secukupnya, siram. Beres deh.

Jadi deh.
Nah kan... yang jadi penyelamat adalah sambal bangkok botolan :D
Ya pastilah enak... wong sambel bangkoknya aja enak... apalagi ini ditambahin bawang bombay (manis) dan nanas (asem manis) kalau ada paprika (pedes langu) jadi bikin makin kaya rasa.

Memasak, buat saya bener-bener sebagai keterampilan untuk menyambung hidup...hahahaha... memasak untuk mengisi perut, syukurnya... saya rada kreatif dalam mengakali bahan-bahan yang ada *sombong* *hidung kembang-kempis*.
Untungnya juga, saya gak gampang terintimidasi sama acara Masterchef Australia *mesti ditulis Australianya... pan bikinan luar negeri gitu* yang pesertanya, jagoan...meskipun sebenernya mereka amateur, bukan propesional macem Gary apa George gitu :P gimana mau terintimidasi juga ye, wong beda kemampuan... beda fasilitas. Kompornya digital gitu bok! Trus setiap masak, ngulenin satu bumbu satu mangkok! Yaoloooo...
Lha dapur saya aja cuma muat kompor sama buat iris2 thok kok mau masak kaya di masterchef Australia *teteub* belum lagi kalo ngikutin satu bumbu satu wadah gitu, ih ya gak kelar masak, cuci-cucinya aja yang lama.... Apalagi, saya tergolong orang yang males cuci wadah bekas masak, siram air panas biar minyak leleh, biar nyabuninnya gak perlu 2-3 kali. Masa mau beli mesin cuci piring sih? Mau ditaruh mana? Wong lunch box locknlock & tupperware *mesti sebutin mereknya* saya aja bingung nyimpennya gimana. 

Ih, kok jadi curhat. Posting makin gak jelas.

Ya udah deh... selamat beristirahat, besok selamat hari Senin, selamat bekerja untuk yang bekerja, untuk yang tidak... ya selamat ngeledekin yang kerja. Saya besok mau masak hekeng saus nanas. :P

3 comments:

Jen said...

SAma kita ya bo .. memasak untuk menyambung hidupp ..gw bisa masak berawal karna kepepet hahaha

ijoli said...

gw juga!
demi menyambung hidup yah bok, tapi lama2 jadi hobi :D insya allah bisa diduitin juga :))

emberan bok, masak itu menyenangkan, yg ga menyenangkan adalah nyuci2 wajan dkk. nasib sama2 kagak punya pembeti :p

ruthwijaya said...

NAH! kayanya mesti kepepet dulu dah... :)))