Friday, August 26, 2011

not that bad

Berhubung hari ini udah tinggal bersantai-santai jaya *padahal kerjaan banya, males aja itu sih* ngobrol-ngobrollah kami dengan si bos yang orang Korea. Ngomongin soal Jakarta yang bakal menyenangkan pas liburan lebaran. Sepi.
Trus merembet ke banyak hal, macem polusi tanah daaaan semacamnya di Jakarta. Kota yang dicintai sekaligus disebelin :))
Saya sih nggak benci sama Jakarta, sebel juga nggak sih... cuma saya lebih suka tinggal di Bandung, kalau misalnya saya punya kesempatan lagi buat pindah ke Bandung, akan dengan senang hati saya pindah.Tapi ya bukan berarti saya gak suka sama sekali sama Jakarta yaa... ada banyak hal yang menyenangkan juga di Jakarta, teman-teman... trus mau apa aja juga ada di meri... Gak merasa sebel sama macet? Ya gimana yaaa...saya ke kantor cuma 30 menit, jalanan lumayan lancar...malah kalau pulang cuma 15 menit. Ya gak bisa komplen juga dong.

Ternyata, si bapak Korea yang udah pernah ngerasain tinggal di mana-mana, malah bilang, "Jakarta is okay" semua metropolitan punya masalah yang sama. Air polution - checked, dari semua kota metropolitan yang pernah ditempatinya, dia menganggap, udara New York yang paling menyenangkan, anginnya cukup segar dan bersih. Traffic Jam - checked, belum pernah ngerasain macet di Seoul kan? di Tokyo? New York? Ya sama ajaaa... Taman kota - di Jakarta mending loh, banyak pepohonan, di Seoul jarang banget ada pohon, kata dia.
Soal transportasi umum, ya di semua kota juga sama. Rush hour, yang mana jam berangkat & pulang orang kerja, sama macetnya, dia bilang, di Seoul dia naik MRT juga 1 jam 30 menit buat sampai ke kantor dalam kondisi yang berdesakan. Mau nyetir mobil sendiri, bensin harganya US$2/liter. Ya kalo dipikir emang iya sih, rush hour pasti nyebelin, ingat waktu itu saya pernah hampir pingsan di MRT Singapore, pas jam orang berangkat kerja sih emang... yaoliii... piiiinuuuuh... ya tapi ya gak bisa komplen, wong emang jam-nya rame :D
Soal kebersihan kota, dia bilang, ya normalah Jakarta, Shanghai, Bombay... jauh lebih buruk.
Ya iya sih... saya bilang, Paris juga kotor, kotoran anjing di mana-mana. Hong Kong udaranya bau bawang putih :))
Semua yang saya bilang tentang keburukan Jakarta, dia punya pembanding yang lebih menyebalkan :))

Saya jadi ingat, kawan saya yang warga negara India; yang cinta banget sama Jakarta. The people, the city, foods, everything are just-lovable. Bahkan, kata si India, korupsi di Jakarta, Indonesia secara keseluruhan, masih bisa diterima *pentung aja* dia bilang, di India, parah bener korupsinya, misal urus KTP, kalo di Jakarta, bayar 200 ribu tapi pasti jadi nah di India, udah bayar, belum tentu jadi juga.

Ah... ternyata emang not bad-lah Jakarta ini... apalagi kalau belum pernah tinggal di kota lain ya bok, belum punya pembanding kalo kata si Korea mah... Iya sih... pengalaman tugas kerja seminggu atau dua minggu gak bisa juga dijadiin tolok ukur ye...apalagi pengalaman liburan yang cuma kurang dari seminggu.
Eh, serius loh... liburan biar kate berbulan-bulan dengan kerja yang mungkin cuma dua minggu, beda banget kan... tanya deh ama saya, enakan mana, jadi TKI di Paris apa di Hong Kong atau sekedar tugas kantor ke luar kota di Indonesia? Rasanya, saya lebih seneng kalau tugas kantor ke luar kota :)) abis segala-gala masih murah, koper berat bisa dan masih ada porter. Di Paris, segitu koper berat, tukang taksi juga gak mau bantuin nurunin, padahal bayarnya mahal, apalagi kalo mau meeting di ujung kota pake metro... book sample kain dalam koper segede bagong, naik turun stasiun itu cape loh... di Hong Kong masih mending, stasiun kereta masih ada lift buat orang yang bawa barang. Di seluruh kota di Indonesia, pak supir dengan senang hati membantu kita kalo mau turun-turunin barang berat. Itu baru satu ye, soal barang berat... *ujung2nya curhat nih* :))

Jakarta oh Jakartaaa... ternyata not that bad, kata diaaaa... apalagi kata saya, ya not bad at all-lah...secara masih nyari duit di sindang :))

No comments: