Tuesday, May 10, 2011

ABG OH ABG

Ahay! Saya tidak bermaksud 'perang' melawan kemudaan di seluruh dunia ini kalau saya selalu nyinyir sama mahluk yang tergolong ABG :)) Salahkan rute perjalanan saya tiap pagi yang membuat saya selalu bertemu ABG yang entah kenapa, selalu ada aja tingkah mereka yang memprovokasi kenyinyiran saya. O yeah! Tante lebih tua, jelas tante lebih berpengalaman dalam soal ngeles mengeles, nak.



 
Dan hampir tiap pagi, saya amprokan sama ABG yang lagi ongkang-ongkang kaki sembari merokok dengan nikmat, berombongan. Masih pakai seragam pulak...biru putih. SMP pan yaaah?! Paling tua anak SMP umur 14 tahun kali yah... Ih kok dikasih sama 7/11 beli rokok yah? Eh, tapi mana tau itu mereka nggak beli rokok di situ juga yah, di 7/11 mungkin mereka cuma beli minuman yang aman-aman saja di situ... tapi mereka beli rokok di mana yah?


Bukan kamsud saya mau sok ngelarang ABG itu ngerokok ya, sesungguhnya, saya hanya prihatin, suprihatiningsih... :D
Lho ya iya, ABG-ABG itu kan sebenernya ngerokok kan cuma gaya-gayaan toh...wong masih piyik-piyik gitu... itu cuma gayalah... nah dari situ nanti baru ketergantungan sama rokok deh *nuduh* :))
Lha, bukan anti rokok juga, biasa aja... tapi setidaknya orang kalo udah bisa nyari duit sendiri kan ya terserah dia ya bok...duitnya mau dibakar-bakar juga... lha klo ABG? Ya, terserah juga sih...wong duit bapak - maknya, bukan duit gue...hehehehe

Tapi meski begitu, entah kenapa, setiap melihat ABG-ABG di depan 7/11 itu, hati saya terenyuh. Oalah, mesake, demi pergaulan berasa perlu untuk merokok. Itu yang keliatan, merokok.
Sudah bukan rahasia, banyak ABG yang melacurkan dirinya, demi mendapat tambahan uang saku, atau untuk membeli ina-itu-ono... :( ina-itu-ono yang nantinya mereka jadikan 'tiket' dalam pergaulan *halah*
Bukan kapasitas saya untuk mengghakimi atau sok-sok an memberi solusi yah, ya ini masalahnya memang kompleks, gak semudah itu juga bilang, tangkepin aja biar jera...baik ABG-nya juga om-omnya
atau, kasih penyuluhan deh... yah, pasti itu juga udah dilakukan. Atau bilang, orang tuanya kurang ngawasin, ya susye yee... mana tau udah diawasin ketat *seketat kolor spiderman* tapi teteup aja ada alesan si anak, ya kita gak tau... lagipula, susah klo berharap pada om-om pelanggan ABG ini untuk sadar, wong mereka mau berhubungan seks dengan anak kecil gitu aja menurut saya udah sakit jiwa kok, susah ngarepin org sakit jiwa.

Kalau dipikir-pikir, sama pun sama soal merokok indang, kalaupun setiap kali membeli rokok si abg ditanya ktpnya, mungkin saja dia akan minta tolong tukang parkir atau siapalah untuk membelikannya rokok dan nanti akan memberi imbalan.
*sigh*
Lha terus gimana dong? Ya embuh, tapi setidaknya, saya malah setuju jika kita memperlakukan ABG itu selayaknya orang dewasa yang harus bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Ya, perlulah info dan pengarahan yang jelas, kalau merokok itu begini dan begitu, dari sisi kesehatan dan sisi keuangan. Ha! Bayangkan, berapa banyak uang yang dihabiskan untuk rokok ini.
Tapi, kemudian saya jadi ingat pekerja pabrik rokok...lha nanti klo kita kampanyekan jangan merokok trus siapa yang beli rokok? Klo gak ada yang beli rokok trus pekerjanya gimana?
Eh, ini konteksnya ABG kan yah? :)) baiklah... ABG! :)) kalau sudah bisa cari duit sendiri dan sudah tua, ya biarin deh ya... keputusannya sendiri.

Menuruut saya, yang paling penting sih sebenernya, ABG-ABG ini mesti tahu, bagaimana pun mereka ini, sebaiknya jangan merasa penting untuk melakukan apa saja agar diterima di pergaulan. Nilai-nilai bergaul itu bukan dari merokok atau tidak, minum minuman keras atau tidak, punya gadget bagus atau tidak...

Eh, tapi... tapi... jangankan ABG ya... wong yang tua aja sering merasa terintimidasi loh sama lingkungan :D untungnya, lingkungan saya tidak terlalu intimidatif *halah, opo to iki* kawan-kawan saya cuma satu standarnya: kudu jahara :))
Betul, saya tidak terintimidasi sedikit pun *langsung beli buku: jahara for dummies* :))

No comments: