Saturday, May 21, 2011

Anyone Can Cook

Kare a la Mbah Djo
Yak! Sekarang saya lagi demen-demennya memasak. Berhubung sekarang sudah pindah kerumah yang ada dapurnya meskipun mini, saya langsung mewujudkan keinginan saya untuk memasak macem-macem... mulai dari tumis buncis andalan sampai belajar bikin puding & fla-nya. Iyaaa...saya bisa bikin cemilan yang asin-asin, tapi untuk penganan manis, aduh... ampun deh, belum paham...saya bisa bikin nasi kuning plus lauk komplitnya, kalau perlu ditumpeng pun saya juga bisa *pamer* tapi bikin bolu kukus...belum bisa :D eh, saya juga belum bisa bikin macam pempek, makanan dari luar daerah saya trus makanan bule gitu juga belum handal deng... pokoknya, kalau makanan dari daerah saya, bisalah saya....

Tentunya, masak-memasak ini sangat terbantu dengan adanya bumbu masak instant, ya tentu saja... andalan saya: bumbu masak mbah djo :D
Selama dua minggu menempati rumah baru, sudah berkali-kali saya masak nasi goreng a la mbah djo. Trus bumbu barunya, bumbu ayam goreng, ternyata enak banget!
Iya, saya tahu...ini nggak valid, karena yang bikin bumbu masak mbah djo kan ibu saya :)) yoi... si mamah yang drama... dan bagi semua anak-anak di seluruh dunia, masakan mamanya adalah yang terenak, biar kate gak enak juga... Tapi saya tidak menyangka, ayam gorengnya melebihi harapan saya... bisaan juga si mamah :P
Semenjak saya mengkomersilkan bumbu masak bikinan si mamah ini, ternyata beliaunya juga ikutan semangat... *narsis pun* dari yang memang sudah sejak dari dulu suka bikin bumbu rawon & nasi goreng, kemudian mulai merambah ke kare, soto... lalu sekarang bikin lagi varian baru, bumbu merah serbaguna dan ayam goreng.
Mantap betul.
Nah, bumbu merah serbaguna ini bisa dipakai untuk bikin sambal goreng ati. Whoaaaa.... ini masakan mamah saya yang paling juara deh... jadi saya langsung semangat akan bikin sambal goreng ati, yang belum kesampaian :)) sama sekali nggak ragu dan khawatir, enak atau tidak. Pasti enak.
Cuma saya belum yakin dengan ayam gorengnya... bisa seenak apa sih ayam goreng? Jadi saya coba dulu bumbu ayam gorengnya... dan saya SUKA!!! Oh, dan si ayam goreng ini, saya namakan: ayam goreng upin ipin :)) Ih, saya baru suka nih upin ipin, ternyata lucu yaah... :D ih sedap betul laah ayam goreng ini.... *betul betul betul...*

Kayanya, si mamah mulai pake pelet ini masaknya...akhirnya, bumbu yang baru dikirimin, saya simpen sendiri beberapa bungkus, takut ntar kehabisan juga *curang* dan di kulkas, sudah ada satu kotak ayam yang sudah dibumbuin dan siap digoreng. Jadi, saya tinggal memasak sayur, lalu goreng ayam... praktis dah...
Menyiapkan masakan itu pun ngak lama. Ha! saya bisa pamer tiap hari di kantor karena bekal saya enak-enak... :))

Jadi inti dari semua ini, teteup pamer?! hahahaha

Biarin ye... mumpung ada yang bisa dipamerin... Dan saya jadi ingat untuk pamer masakan saya hari ini, saya masak Rawon ala mbah djo. Sedapnyaaa

Weekend ini, kalian masak apa?

2 comments:

Anonymous said...

yaaaaayyy udah bisa nongkrong di dapur lagi ye? berarti bakal ada postingan resep dong :p

trus kapan bumbu ayam gorengnya dilaunching???

ruthwijaya said...

gitu deeh... tapi ini lagi masak semua bumbu2 dulu...

bumbu ayam goreng sudah launching kok... udah dijual