Friday, April 15, 2011

Kaki Lima

Pertanyaaan jadul, kenapa penjual makanan di pinggir jalan selalu disebut Pedagang Kaki Lima? Ha? Kenapa? Karena 2 roda gerobak + 1 penyangga gerobak + 2 kaki penjualnya itu kah? Atau karena ada alasan lain?
Kalau karena alasan itu, ya tukang jualan tebo pake termos es yang geda itu kan tinta bisa dikategoriken kaki lima toh... Tapi yah, gak pa-pa juga sih disebut Pedagang Kaki Lima, ketimbang Pedagang Lima Kaki, semacam mutant nampaknya...

Dan kenapa sih saya ngebahas cerita beginian? Tadinya kan mau cerita soal makanan yang dijual oleh Pedagang Kaki Lima....
Es Campur Pariaman - Lokasi: PKL di parkiran depan TMP Kalibata

Sebagai tukang makan dengan perut terlatih bakteri serta kuman alias tambeng bin anti diare, jelas, PKL merupakan sahabat setia saya. Berbagai jenis jajanan berpecin yang nikmeh serta berlemak, seringkali saya temukan yang terenak justru ya yang dijual PKL ini.

Yang bikin seneng jajan di PKL adalah, seringkali porsinya suka-suka yang jual, gak ada standarisasi gram macem di restoran-restoran bagus gitu ya bok... Jadi, makin sering beli, makin banyak bonus dari si mamang untuk si eneng pembeli.

Belum lagi, kalau misalnya kita bisa berbahasa daerah si penjual, dijamin, pasti adonannya lebih nikmeh, ngantri cepat daaaan... banyak bonus. Saya sering banget mempraktekan hal ini. Salah satu tukang jualan kaporit adalah Gado-Gado di kompleks PLN Durentiga, si penjualnya berbahasa daerah Sunda, meski logat Jawa saya lekoh, paling tidak saya lancar berbahasa Sunda, jadilah...saya dapat kerupuk tambahan. Nuhun pisan atuh mang....
Bakso gepeng (kali ye... lupa namanya) - Lokas: PKL di parkiran depan TMP Kalibata
Beda lagi sama tukang bakso langganan saya yang mangkal di parkiran depan TMP Kalibata, saya mesti berbahasa Jawa, namun harus segera beralih jika harus membeli es campur Sinar Garut di depannya :)) Ah, tapi itu juga nggak harus sih... saya aja suka latah... :P

Sekitar lima tahun terakhir ini, model jajanan kaki lima makin macem-macem dan presentasi-nya makin oke. Mulai banyak PKL yang memberi merek pada dagangannya, sehingga mudah dicari, trus pasang banner geda-geda... Kalau dulu bannernya cuma kain spanduk biasa yang ditulisi menu makanan, dengan perkembangan digital print & digital kamera; teknologi yang makin terjangkau harganya, banner PKL mulai dihiasi gambar-gambar makanan yang dia jual, untuk menarik pembeli.
Jangan mencari banner yang artistik yah... yang penting ada nama dan mudah dicari :D
Daaan... makanan yang dijual PKL sekarang sih gak melulu bakso, mie ayam, sop kaki kambing, sate padang... dan seabreg makanan daerah kaporit saya, tapi juga makanan bulay...macem pasta, steak... nah, macam yang lagi heboh, steak hotel by Holycowsteak?! Macam Abuba jadul sebelum berubah jadi restoran.

Sop Buah, depan tk Es Campur Sinar Garut, di samping tk Bakso - Lokasi: parkiran depan TMP Kalibata

Selain karena teknologi yang makin terjangkau, nampaknya booming PKL ini juga karena program-program kuliner di telivisi, plus food blogger, yang sharing soal makanan dari kaki lima sampai resto kelas Michelin *halah*
Bagus sih, soalnya itu juga bikin PKL menjaga mutu makanannya, boleh jualan di pinggir jalan *gak mungkin juga sih jualan di tengah jalan* tapi teteup menjaga kebersihan *yah, ketambahan debu jalanan dikit mah gpp kali* juga menjaga rasa.
Yang sedih, kadang ada beberapa oknum yaaaang... merasa sakti kemudian  menekan PKL. Preman sih pastilah ya... dari yang gak pake seragam ampe preman berseragam.
Yang terbaru adalah orang yang mengaku anggota milis Jalansutra atau blogger, nah...kamsudnya dengan mengaku-aku seperti itu, dia berharap dapat makanan gratis, kalau nggak nanti akan menulis yang jelek-jelek soal warung itu. Yaoli! Ade-ade aje ya...
Nasi Uduk Ayam Sori - Bebek Kaleyo Tebet, PKL yang sakseus berat buka cabang & warung di mana-mana
Eniweeeei... semoga yaaa... semoga, PKL kaporit saya bertahan sampai lama, malah nanti mungkin bisa bikin restoran gede, macam Bebek Kaleyo gitu?! Dari jualan model kaki lima ampe bercabang-cabang dan warungnya segede gambreng. Amin.

2 comments:

ijoli said...

boook loe kyk mak gw aja kalo nawar bajaj liat2 dulu tukang bajajnya orang jawa apa bukan. klo orang jawa, mak gw nawar deh pake boso jowo biar dikasi murah hahaha....

eniwei songong bgt tuh yg bawa2 nama js trus ngancem2, jgn2 posting review pun ngga pernah di milis (-_-)

ruthwijaya said...

tips kedaerahan itu kayanya emang praktek paling banyak digunain deh...hihihi memanfaatkan perasaan sentimentil perantau *halah* :))

Iya bok, yg ngaku2 tuh di daerah. banyak lo... ada yg bilang utusan pak BW segala deh...