Thursday, July 14, 2011

Mengoceh

Talk talk talk. Talking talk.

Kemarin, setelah presentasi Bouncity di hari ke-2 event ID-Byte, ada yang bertanya, "gimana cara Bouncity melindungi privacy penggunanya"
Yaoli. Hari gini ya bok, masih ada yang bertanya soal itu.

Oh, bukan... bukannya saya merasa pinter trus menyepelekan hal yang penting itu, nggak. Tapi setahu saya, kan hal-hal begitu sudah standar. Semua developer apa aja, mainan kek, social apps kek, forum, etc, rasanya pasti udah mikirin masalah privacy ini. Yang standar pastilah tidak akan mendistribusikan kontak si pengguna secara bebas ye... dan hal-hal kayak gini kayanya bisa dibaca di terms & conditions deh... Oh iya, kadang-kadang saya suka baca sih bagian itu, pengen tahu aja.

Tapi soal privacy yang lain, misal, dalam hal mainan foursquare & bouncity yang berbasis lokasi, trus kita bikin lokasi yang menunjukkan rumah kita... Nah! siapa coba yang mengumbar informasi pribadi itu?
Dalam hal twitter, nah loooo... twitter lagi :)) saya pernah ngerasa agak tertampar ketika suatu pagi, teman sekantor menyapa saya dan mengatakan, "mbak hari ini bawa lodeh sama bandeng ya buat makan siang? Aku baca twitnya kmaren"
NAH! siapa coba yang mengumbar rahasia dapur diri sendiri? Akika.
Lha ya untungnya ini cuma soal sayur lodeh, yang sebenernya memang saya pamerin sih... aih...itu bikinan sendiri lho...banggalah saya bisa masak. Lebih malu kalau misalnya saya pamer soal gak punya duit atau banyak utang ye... masak nanti tiba-tiba ada yang nyamperin trus bilang, "mbak, nggak punya duit ya? Kasian deh mbak...kayanya keren tapi kere... Ini saya kasih duit"
Ih, mau dooong dikasih duit... hahahaha...salah pamer tapi teteub loh...mauan juga :P


Ya gitu deh... Makanya, saya sering pengen ketawa kalo ada yang nanya soal privacy internet, di luar standar yang biasa developer bikin ye.
Kalau nggak mau informasinya terbuka, ya sutralah ya neik... gak usah mainan apapun... toh klo urusannya informasi macam email, telepon & semacamnya itu, kan bisa punya lebih dari satu ye...bedain, mana yang buat mainan dan mana yang buat urusan resmi. Jangan ribet deh ya...

Kalau mau bener-bener privacy-nya terjaga *tsaaah* beneran deh, jangan mainan apapun. Jangan nge-blog juga! *ngomong ama kaca*.
Informasi apapun, kata-kata, gambar, makian...apaaaapun dah... kalau sudah dilempar ke publik, ya akan jadi milik publik, mereka berhak menggunakannya untuk apa saja, macem buah mangga yang keluar dari pagar rumah aja, orang di jalan boleh ambil *lho kok jadi mangga?*.
Klo kita share, gak bisa lantas kita mencak-mencak di kemudian hari trus bilang, "orang-orang nggak menghargai privacy gue, masa tweet gue, blog gue dijadiin bahan ketawaan"
Halooooo....bisa bicara sama salah sambung?


Care what you share-lah hai... Jangan keasyikan mengoceh, sampai gak sadar apa aja yang udah kita lempar ke muka umum.

Dan saya harus berhenti mengoceh. Sekarang. :))

No comments: