Thursday, December 16, 2010

Eat, Eat, Eat!

Salah satu yang bikin saya seneng ke luar kota, entah itu liburan beneran atau liburan yang maksa adalah menjelajahi kekayaan kuliner tempat tersebut *tsaah*.
Saya nggak ngerti, apa sih sebenernya patokan restoran bagus atau makanan enak itu, yang penting buat saya, kalau saya suka, ya itu berarti enak. Makan, tidak sekedar untuk memberi gizi pada tubuh, tapi juga memberi kepuasan batin *dalem* penting banget deh... :P
Dan, kegemaran saya adalah masakan Asia, ini lebih karena kebiasaan sih ya. Saya agak kurang antusias nyobain makanan western. Doyan, suka... cuma kurang antusias.

Jika ada pilihan, mau makan Nasi Campur Bali atau steak apa gitu... rasanya, saya bakal memilih Nasi Campur aja... lagi-lagi cuma karena selera, bukan karena saya cinta tanah air atau gak mau dibilang ikut-ikutan tren, atau bahkan sok timur :)) kebiasaan lidah aja cuy.
Karena itu juga, saya antusias banget pergi ke Bali. Saya membayangkan rasa masakan Bali yang eksotis, udah nelen-nelen ludah duluan ngebayangin Nasi Ayam Kadewatan bu Mangku, Tipat Campur Krisna, Sop Ikan Mak Beng, Nasi Campur Warung Satria... Saya menyusun jadwal yang sangat ambisius, supaya bisa kesampaian semua itu... gak se-ambisius untuk ketemu tempat makan baru, setidaknya makanan yang saya kangenin aja...

Eh, segitu ambisiusnya, malah gak kesampaian :(

Dari 5 hari di Bali kemarin, nguplek aja sepanjang hari di Hotel, dan soal menikmati makanan cuma sempet di beberapa tempat, sisanya makan di hotel dan keburu-buru.

Kafe Dulang - Kuta Square
Lemon Grass Ice Tea - Kafe Dulang
Kafe ini rasanya selalu jadi pilihan kalau pas lagi di Kuta dan saya mati gaya, bingung mau makan di mana. Hari pertama datang, saya sebenernya langsung pengen makan di Warung Satria tapi masih tutup karena hari Raya Manis Galungan. Ya sutralah, Kafe Dulang jadi pilihan.
Nasi Campur - Kafe Dulang

Makanannya macem-macem. Ada model mie goreng, nasi goreng, sop buntut, nasi campur sampe spaghetti, sandwich dan  steak2an gitu. Saya biasanya selalu pesen mie goreng, enak bok... rasa msg pisan :D ya... mi cenes yang berminyak gitu deh. Trus, yang wajib di kafe ini adalah, Lemon Grass Ice Tea-nya. Saya belum pernah pesen minuman lain selain minuman itu.

Boleh dicoba juga, pisang bakarnya yang pake ice cream vanilla. Cucoklah buat ngobrol-ngobrol cantik di sore hari. Oh, makanan di sini tidak mengandung babi. Nasi campurnya ayam.

Nasi Ulam - Benoa
Paket Nasi Ikan Bakar 
Nasi ulam ini udah terkenal lah ya... ada yang di Nusa Dua, ada yang di depan Melia Benoa. Saya sih seneng yang di depan Melia Benoa, lebih sepi dan tempatnya bagus. Yang bikin nagih di Nasi Ulam ini ya sambalnya... pasti minta tambah... ikan kakap merahnya juga seger... ya iyalah... di Bali kayaknya klo makan ikan gak seger, kepret aja yang jual :D
Sambal Matah - Nasi Ulam

Ocean Terrace - The Laguna
Sebenernya ini gak bisa dibilang makan di luar hotel ye... karena Ocean Terrace ya tempatnya di The Laguna juga. 
Di sini, nyobain Timbungan Babi. Hmm... rasanya sepet-sepet asyik deh... sayangnya saya makannya udah hampir tengah malam, coba klo siang-siang plus pake sambel matah yang pedas, pasti nikmat.
Timbungan Babi - Ocean Terrace
Mungkin sebenernya, yang enak di Ocean Terrace ini malah masakan westernnya ya... tapi malah gak nyobain.

Warung Pak Dobiel - Nusa Dua
Warung Pak Dobiel
Semua kesebelan karena gak bisa menyantap makanan yang saya kangenin, sangat terobati karena saya nyobain makan nasi campur di pak Dobiel ini. Sumpah, enak banget!!!

Nasi Campur - Pak Dobiel

Babi gulingnya bumbunya lekker banget, sambelnya pedes, lawarnya juga enak. Diaduk jadi satu, bikin orgasme dah... Saya sampe terharu banget pas makannya... hahahaha emang lebay, tapi emang enak banget ini, hampir pengen nambah... tapi ya malu... soalnya perginya ama orang hotel... hehehe jaim dikitlah :P

Babi Guling lagi dipotong-potong
Ini suasana dapurnya. Itu babinya baru keluar dari oven. Konon katanya, tiap hari pak Dobiel ini menghabiskan 5 ekor babi untuk di warung, itu tidak termasuk pesanan. Jadi, kalau mau ke pak Dobiel, sebaiknya sebelum jam 2 siang, malah kadang jam 1 aja udah habis.
Babi Guling - Pak Dobiel
Babi Guling di warung pak Dobiel ini diolah dengan cara tradisional; diasapin dan dipanggang langsung di atas bara, gak kayak kebanyakan warung lain yang mulai beralih ke oven. Makanya, rasanya pun sedap betul.
Pak Dobiel ini, cinta terbaru saya deh... udah kena tuyulnya!

Emh... ya lima hari cuma tempat makan di atas aja yang berkesan. Eh, sempat makan di Laota juga... ya semua tahulah Laota enak :D gak sempat moto pulak... waktu itu makan bubur pelangi, kepiting sama udang gandum. Udang gandum di Laota ini enak banget buat saya...


Semoga, dalam waktu dekat balik lagi ke Bali, masih belum kesampaian kan rindunya pada makanan-makanan ituh...

No comments: