Thursday, December 02, 2010

Enak dan Gak Enak

Beberapa tahun yang lalu, di milis Jalan Sutra pernah heboh soal jurnalisme kuliner. Saya lupa persis emailnya bagaimana, males juga sih mau ngorek-ngorek arsip lama… nah intinya, penulis email protes, bahwa apa yang direkomendasikan di televisi, makanannya tidak enak semua. Nah, yang diprotes, apakah karena dibayar maka makanan tak enak pun dibilang enak. Kurang lebihnya begitulah.

Tentu saja, hal ini menjadi perbincangan hangat, bahkan Kepala Suku  JS, Pak Bondan, juga jadi terbawa-bawa dan akhirnya beliau menulis sesuatu yang sampai kini (kurang-lebihnya) saya juga masih ingat, “…makanan gak enak itu adalah kecelakaan karena semua makanan dimasak untuk jadi enak, tidak ada orang yang sengaja memasak makanan untuk jadi gak enak... jadi memang saya tidak pernah bilang makanan itu tidak enak, untuk menghargai yang memasak, tapi kalau diperhatikan tidak semua makanan yang saya coba saya beri pujian maknyus…”
Saya setuju banget tuh… ya mana ada coba orang sengaja bikin makanan yang gak enak.

Sebenernya, enak gak enak ini tricky loh… lha ya iya… wong urusannya sama selera dan rasa. Saya yang gak terlalu suka western food, ya agak bingung kalau ditanya rasa steak anu & steak itu. Ya rasa daging :)) belum lagi, saya suka daging yang agak gosong… wah, klo dalam aturan per-steakan, saya pasti masuk kasta terendah tukang apresiasi steak *halah, apaan sih*

Selain selera itu, menurut saya sih, enak ato gak enak juga tergantung suasana… iya doong… semua orang pasti juga mikir gitu kaaan? Sama siapa makannya jugaaa… kalau samaaaaa….. *eh, mancing-mancing nih*

:))

Nah, kalau pas lagi pengen soto, trus kesampaian makan soto, trus njelalah kok sotonya sesuai selera saya… saya bisa berkaca-kaca loh abis makan, terharu gitu… emaaang… saya lebay… tapi kan yah… tapi… emang gitu tho… yang gak gitu gak mau ngaku aja kaleeee… *nuduh* :D

Sama halnya, kalo misalnya pas pengen masakan nyokap di kampung halaman sana… gimana coba, beli di warung… ya adaaaa aja salahnya… untungnya sih klo dalam hal saya, si mamah kan pembuat bumbu masak mbah djo… yah… cemplung2, jadilah itu rasa makanan seperti yang dimasak ibu saya :D

Yang belum pernah ngerasain memasak pakai bumbu masak mbah Djo, ya monggo lo… silahkan pesan….

*ujung2nya iklan* hahahahahaha

No comments: